Senin, 08 September 2014

FAQ (Frequently asked Question)


Berikut beberapa pertanyaan dari member yang sering saya dengar.

Silakan kalau ada yang mau menambahkan.

---
Q: Apa itu 'fanfiction'?
A: Meskipun member yang masuk grup ini diharapkan sudah mengetahui apa fungsi grup ini dan juga topik yang dibahas sebelum mengirimkan permintaan masuk, saya rasa ada beberapa juga yang benar-benar tidak tahu apa itu 'fanfiction'. Saya tidak bisa memberikan definisi tepatnya, tapi secara garis besar 'fanfiction' adalah sebuah karya fiksi dalam bentuk tulisan yang dibuat seorang penggemar dari suatu karya yang sudah dipublikasikan, misalnya buku, komik, animasi, film, dan lain-lain.
---
Q: Dimana saya bisa membaca 'fanfiction'?
A: Ada banyak sekali situs tempat membaca 'fanfiction', beberapa di antaranya adalah FFn (www.fanfiction.net), AFF (www.adultfanfiction.net), AO3 (www.archiveofourown.org), Live Journal, Winglin (www.winglin.net), dan masih banyak lagi yang bisa dicari menggunakan penelusuran Google.
---
Q: Di grup ini dilarang membuat postingan OOT. Apa itu OOT?
A: OOT adalah singkatan dari Out of Topic, atau keluar dari topik yang sudah ditetapkan. Di OOT day, komentar tetap tidak boleh OOT. Batasan OOT dapat kamu baca di sini ->

---
Q: Seperti apa batasan OOT di forum ini?
A: Berhubung grup ini berjudul FanFiction.net World, maka pembahasan topik dalam grup ini dibatasi seputar hal-hal yang berkaitan secara langsung dengan FFn, meliputi fanfiksi itu sendiri dan segala atributnya, seluk-beluk author/penulis, reader/pembaca, review/komentar, kepenulisan secara umum, tetapi tidak membahas konten di dalam fanfiksi. Misalnya saja homoseksualitas yang sering ditemukan dalam fanfiksi, akan tetapi tidak ada hubungannya dengan fanfiksi.
---
Q: Di FFn ada fasilitas Beta Reader. Sebenarnya Beta Reader itu apa?
A: Beta Reader adalah pembaca kedua setelah penulis, fungsinya sebagai editor, yaitu orang yang melihat jika ada kesalahan-kesalahan dalam karya seorang penulis, juga menunjukkan kekurangan dalam plot jika diperlukan.
---
Q: Apa itu 'genre'?
A: Genre dalam 'fanfiction' adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pembagian kategori suatu literatur, mengelompokkannya sesuai kriteria utama. Dalam 'fanfiction' ada beberapa genre yang paling sering digunakan, antara lain;
Romance: cerita yang menggambarkan seputar kisah cinta antara tokoh-tokoh yang terlibat.
Humor: cerita yang ditulis dengan tujuan untuk menghibur pembaca.
Friendship: cerita yang menggambarkan hubungan persahabatan antara tokoh-tokoh yang terlibat.
Family: cerita yang mengisahkan tentang kehidupan keluarga.
Drama: cerita yang menggambarkan berbagai konflik yang dialami tokoh utama, biasanya melibatkan masalah yang bertubi-tubi dan penyelesaian yang rumit.
Hurt/Comfort: cerita dimana tokoh utama mengalami banyak perasaan negatif, akan tetapi dinetralisir dengan unsur-unsur lain yang memberikan penyelesaian di akhir cerita.
Angst: cerita yang kurang lebih sama dengan hurt/comfort, akan tetapi porsi perasaan negatifnya dalam skala yang lebih besar dan biasanya dalam jangka waktu panjang dan terus menerus.
Parody: cerita yang dibuat untuk memelesetkan suatu karya asli, biasanya menggunakan bahasa yang lucu.
Mystery: cerita yang berkisar seputar teka-teki, membuat pembaca bertanya-tanya mengenai apa yang sesungguhnya terjadi.
Horror: cerita yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan kesan menakutkan, menimbulkan perasaan ngeri terhadap pembacanya.
Supernatural: cerita yang berkaitan erat dengan hal-hal gaib, yang biasanya dipercaya sebagai takhyul semata.
Fantasy: cerita yang memiliki banyak unsur buatan, berdasarkan khayalan semata dan tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.
Sci-Fi: cerita yang mengandung suatu pengetahuan ilmiah buatan, yang meski dalam kenyataannya belum dibuktikan benar, tetapi bisa diterima menggunakan nalar dan penjelasan yang logis.
Adventure: cerita yang menggambarkan suatu bentuk petualangan dari tokoh yang berkaitan.
Action: cerita yang mendeskripsikan banyak adegan-adegan ketika suatu tokoh sedang beraksi, entah aksi perkelahian, pengejaran, penyelamatan, dan lain-lain.
Suspense: cerita yang dibuat dengan penggambaran memacu adrenalin, biasanya untuk membuat pembaca berdebar-debar dan merasa tegang.
---
Q: Apa itu 'rating'?
A: Rating adalah batas umur pembaca dimana cerita itu ditujukan. Standar rating yang biasa digunakan adalah:
K/G (Kids/General) : karya dapat dinikmati oleh semua umur.
K+/PG (Kids+/Parents Guide): karya yang ditujukan untuk pembaca berusia 9 tahun ke atas, mengandung sedikit unsur kekerasan (hanya berupa penyebutan tanpa pembahasan mendetil secara implisit maupun eksplisit), bahasa kasar yang disamarkan (fuck to frick) atau disensor di beberapa tempat.
T/PG-13 (Teens/PG-13): karya yang ditujukan untuk pembaca berusia 13 tahun ke atas, boleh mengandung unsur kekerasan yang dideskripsikan secara implisit, bahasa tanpa sensor, unsur seksual hanya berupa penyebutan tanpa pembahasan mendetil secara implisit maupun eksplisit.
M/PG-15 (Mature/PG-15): karya yang ditujukan untuk pembaca berusia 15 tahun ke atas, boleh mengandung unsur kekerasan maupun seksual secara implisit serta penjelasan mendetil mengenai tema-tema dewasa seperti mafia, prostitusi, narkoba, dll.
MA/NC (Mature Adult/No Children): karya yang ditujukan untuk pembaca berusia 17 tahun ke atas, boleh mengandung unsur kekerasan maupun seksual secara eksplisit serta penjelasan mendetil mengenai tema-tema dewasa seperti mafia, prostitusi, narkoba, dll.
Untuk melihat alih bahasa dari keterangan penggolongan rating dari FFn, silahkan bukahttps://www.facebook.com/photo.php?fbid=545699465472773&set=gm.551317691577360&type=1 (Foto oleh Ferra Rii)
---
Q: Kalau saya membuat 'fanfiction' menggunakan suatu plot yang sudah ada/dari karya lain tetapi menggunakan karakter dari karya yang berbeda, apakah disebut sebagai plagiarisme?
A: Tidak, tetapi wajib dicantumkan disclaimer terhadap masing-masing pemilik karya yang sah. Dan karya tersebut menjadi berlabel 'Parody'.
---
Q: Apa itu 'disclaimer'?
A: Suatu bentuk pernyataan dari penulis bahwa dirinya tidak memiliki karya yang dibuat fanfiksinya tersebut.
---
Q: Apa itu 'crossover'?
A: Crossover adalah sebuah fanfiksi yang menggabungkan sumber dari dua karya atau lebih.
---
Q: Bolehkah saya memasukkan karakter buatan sendiri dalam fanfiksi yang saya buat? Saya ingin memasangkan diri saya dengan tokoh favorit saya!
A: Boleh, silakan.
---
Q: Karakter saya dibilang 'mary-sue'. Mary-sue itu apa?
A: Mary-sue (untuk karakter wanita) atau Gary-stu (untuk karakter pria) adalah istilah yang dipakai untuk menyebut suatu karakter yang memiliki banyak kelebihan, hampir tidak punya kekurangan, dalam kata lain 'sempurna'.
---
Q: Saya ingin punya akun di Fanfiction.net! Bagaimana caranya?
A: Anda masuk ke situsnya www.fanfiction.net, di sudut kanan atas ada tautan 'sign up'/'daftar'. Klik, lalu isi kolom dalam formulir pendaftaran sesuai dengan apa yang diminta, masukkan kode pengaman, lalu klik 'register'. Anda akan mendapat pemberitahuan untuk verifikasi. Masuk ke email Anda, buka kotak masuk atau kotak spam, buka email dari fanfiction.net, lalu klik tautan yang disertakan. Akun Anda aktif dan bisa digunakan untuk mem-publish cerita dalam waktu 1x24 jam.
---
Q: Caranya publish fanfiksi di FFn bagaimana?
A: Anda masuk ke akun fanfiction.net milik Anda. Klik 'Publish', lalu klik Document Manager. Unggah dokumen Anda, pastikan formatnya sesuai, beri judul, lalu klik 'Submit Document'. Setelah dokumen sukses diunggah, klik Rules and Guidelines. Pastikan Anda baca baik-baik aturannya sebelum Anda menyetujui. Kalau tidak mengerti Bahasa Inggris, ada Google Translate. Setelah itu klik New Story, isi semua kolom sesuai dengan yang diminta lalu 'publish new story'.
---
Q: RPF itu apa?
A: Dalam fanfiksi, RPF artinya real-person fiction, sebuah karya fiksi yang dibuat berdasarkan suatu public figure yang masih hidup.
---
Q: Bolehkah saya bikin fanfiksi dari tokoh sejarah?
A: Boleh. Meskipun masih belum pasti batasan seberapa lama tokoh sejarah tersebut wafat.
---
Q: Di FFn katanya gak boleh publish fanfic RPF, kok ada kategori Screenplay yang menampung fanfic semacam itu?
A: Well... Di Jakarta dilarang jualan di pinggir jalan, 'kan? Tapi masih banyak aja pedagang kaki lima, 'kan? Nah, kasusnya sama. RPF memang dilarang di FFn, tetapi sayangnya para author di sana menganggap itu sebagai 'rumah' mereka dan menolak digusur padahal ada rumah lain yang lebih sah untuk mereka tempati. Gak tahu diuntung, ya? Makanya jangan ikut-ikutan.
---
Q: Kalau begitu, Screenplay itu sebenarnya untuk apa?
A: Tepatnya, saya sendiri kurang yakin. Tapi menurut perkiraan saya, melihat definisi di wikipedia dan dimana istilah screenplay itu biasa dipakai, saya menyimpulkan bahwa fandom Screenplay diperuntukkan bagi cerita yang ditulis dalam bentuk runtutan adegan dalam paragraf, bukan seperti naskah drama. Satu hal yang pasti, Screenplay BUKAN tempat untuk fanfic RPF.
---
Q: Saya ingin membaca fanfic tentang karakter tertentu. Bagaimana caranya?
A: Anda bisa memanfaatkan fasilitas 'filter' atau 'penyaringan' yang ada di bagian bawah halaman archive. Pada bagian 'character' A-D, Anda isikan karakter yang Anda ingini. Lalu klik 'apply filter' dan archive akan segera menyaring fanfic untuk menampilkan kumpulan cerita berdasarkan karakter yang Anda pilih.
---
Q: Saya sering mendengar bahwa songfic dilarang di FFn. Songfic itu apa dan mengapa dilarang?
A: Jujur, saya sendiri kurang paham apa definisi yang sebenarnya dari 'songfic'. Akan tetapi opini umum menyetujui bahwa songfic adalah fanfic yang dibuat berdasarkan sebuah lagu. Pelarangan songfic mengacu pada guidelines FFn yang kurang lebih berbunyi 'dilarangmengkopi sedikit atau seluruh bagian dari suatu karya yang sudah dipublikasikan, termasuk lirik lagu'. Saya menggarisbawahi kata 'mengkopi' karena jika hanya mengutip/mencantumkan dan memberi keterangan bahwa apa yang dikutip/dicantumkan itu bukan milik penulis, maka hal tersebut tidak termasuk mengkopi. Ditambah lagi, jika mengutip/mencantumkan sedikit atau seluruh bagian dari suatu karya yang sudah dipublikasikan itu melanggar, tidakkah penggunaan beberapa bagian dari karya asli yang dibuat fanfic itu juga termasuk melanggar? Saran saya adalah hindari melakukan hal yang sekiranya belum pasti benar atau salah, karena dalam hidup lebih baik berhati-hati. Area ini masih abu-abu, jadi sebaiknya buatlah karya yang aman-aman saja.
---
Q: Mengapa di FFn tidak ada rating MA?
A: Kalau ditanya mengapa, saya sendiri tidak tahu pasti, karena awalnya rating MA ada dan baru dihapus pada tahun 2006. Mungkin hal tersebut berkaitan dengan ancaman pemboikotan situs karena dianggap mengandung konten pornografi, karena mari kita akui saja, 9 dari 10 fanfic MA mengandung adegan seks. Untuk lebih pastinya mungkin bisa ditanyakan langsung kepada administrator FFn.
---
Q: Kalau dilarang, mengapa masih saja banyak fanfic MA di FFn?
A: Pedagang kaki lima, ingat?
---
Q: Bolehkah saya mempublikasikan fanfic dalam bentuk novel?
A: Menurut saya boleh, ASALKAN tidak diterbitkan secara luas dan hanya untuk konsumsi beberapa orang tertentu dan didistribusikan secara pribadi, tidak dijual kepada publik. Saya berpendapat fanfiksi dan fanart seharusnya mendapat perlakuan yang sama karena keduanya sama-sama fanworks. Jika doujinshi boleh diperjual-belikan asalkan dalam jumlah terbatas dan tidak dibuka kepada publik, saya tidak mengerti mengapa fanfic tidak boleh mendapatkan kesempatan yang sama.
---
Q: Kalau begitu, saya juga boleh menawarkan layanan membuatkan fanfiksi dengan komisi?
A: Sure, why not?
---
Q: Apakah yang disebut kolaborasi itu? Dan bagaimanakah saya dapat melakukannya? Lalu di mana tepatnya saya harus mem-publish FF hasil kolaborasi tersebut?
A: Kolaborasi atau Collab adalah sebuah kegiatan di mana dua orang author atau lebih membuat satu karya yang sama. Untuk melakukannya, kamu dapat mencari pasangancollab-mu, baik itu teman, saudara, kenalan di FB atau sebagainya dan membuat rancangan plot penceritaan bersama. Kamu dapat mempublishnya di akunmu ataupun akunpartner kolaborasimu, atau bisa juga kalian membuat akun baru untuk menampung hasil kolaborasi kalian. Jangan lupa cantumkan nama kalian berdua di dalamnya untuk mengurangi kesalahpahaman dari pihak pembaca.
---
Q : Apa itu flame?
A : Berdasarkan Kamus Istilah Perfanfiksian Indonesia, flame adalah kritik keras yang menghina sebuah fanfiction maupun orifict. Dalam tahap yang lebih parah, flame sering ditujukan kepada author fanfict tersebut secara langsung, bukan kepada fanfiction/karyanya.
---
Q : Apa itu konkrit?
A : Konkrit adalah bahasa Indonesia dari Concrit (Constructive Criticism) Berdasarkan Kamus Istilah Perfanfiksian Indonesia , Konkrit adalah umpan balik (bisa berupa kritik maupun saran) yang membantu, berguna, dan terperinci, bukannya kasar, meremehkan atau flame. Namun terkadang konkrit bahasanya pedas dan tajam sehingga sering dianggap sebagai flame.
--
Q : Bagaimana caranya menghadapi flame?
A : Pertama, lihat dulu apakah review tersebut flame atau konkrit. Kalau ternyata flame, coba hadapi dengan kepala dingin. Jangan masukkan ke dalam hati flame tersebut, karena kadang flame ditujukan secara acak tanpa tujuan yang jelas. Toh kamu tidak mengenal flamer tersebut secara pribadi. Lalu coba intropeksi diri. Jika flamer tersebut mengkritik EYD, kerapian, sifat karakter dan sebagainya, coba perbaiki. Kalau kamu tidak percaya diri, kamu bisa meminta tolong teman kamu untuk membantu. Intinya, jadikanlah flame sebagai motivasi untuk menulis, bukan sebaliknya. Dan tidak perlu menaruh dendam kepada flamer tersebut :)
---
Q : Apa itu report abuse?
A : Report abuse adalah fasilitas yang disediakan FFN bagi kita untuk melaporkan fanfiksi yang melanggar guidelines, lalu fanfiksi tersebut akan dihapus.
---
Q : Fanfiksi jenis apa yang di-report abuse?
A : Kamu bisa melihat di bagian Entri yang tidak diizinkan dan Tindakan-tindakan yang tidak diizinkan di guidelines yang sudah diterjemahkan salah satu admin kita menjadi bahasa Indonesia disertai penjelasan -> https://www.facebook.com/notes/fanfictionnet-world/guidelines-ffn/169875349721598
 ---
Q : Saya pernah melanggar guidelines dan tidak ada yang melaporkannya ke admin sehingga tidak dihapus. Apa itu berarti saya boleh meneruskan tindakan saya?
A : Tentu saja tidak. Beberapa teman kita yang aktif menulis RPF di fandom Screenplays sebagian besar fanfiksinya dihapus oleh admin, membuat mereka harus pindah ke website lain. Jika memang ingin menulis sesuatu yang ternyata tidak diizinkan oleh FFN, lebih baik dipost di website lain saja.
---
Q : Bagaimana cara mengajukan pembuatan fandom baru terhadap admin FFN?
A : Coba kirim e-mail ke support@fanfiction.com  dengan subjek [Category] Kalau kamu fasih berbahasa Inggris, kamu bisa membuat e-mail dengan kata-katamu sendiri. Jika tidak, kamu dapat mengikuti format berikut :

“Hi! My penname is (masukkan nama pen name berserta link profil akun) If you don’t mind please add a new fandom in (masukkan nama kategori) category. The fandom is(masukkan judul anime/manga, buku, film, acara TV, dll yang mau kamu masukkan), which made by (tulis nama pembuatnya, lalu sertai keterangan tentang fandom tersebut. misalnya link dari wikipedia, goodreads, dll). Please consider my request. Thank you and have a nice day.”

Request pasti akan di-approve selama belum ada dan subject e-mailnya benar, namun memakan waktu yang relatif. Pastikan terlebih dahulu bahwa fandom yang kamu ajukan belum ada, karena Shingeki no Kyojin pernah punya ‘fandom kembar’ yaitu Attack on Titan.
---
Q : Bagaimana cara menambah chapter baru?
A : Klik manage story >> content/chapter >> klik chapter baru >> pilih dokumen >> publish

---
Q : Remake itu apa?
A : Berdasarkan thefreedictionary.com, remake artinya membuat versi baru dari sesuatu yang telah ada (namun setelah mendapat ijin dari penulis yang bersangkutan). Misalnya J.K Rowling menulis Harry Potter, lalu saya berpikir ‘Ah, seharusnya ceritanya tidak seperti ini.’ Maka saya menulis cerita Harry Potter versi saya sendiri. Dengan begitu tidak ada pihak yang dirugikan.
---
Q : Kalau misalnya saya mengkopi sebuah cerita (baik fanfiksi maupun orifiksi yang telah diterbitkan) lalu mengganti tokohnya menjadi tokoh fanfiksi tanpa persetujuan orang yang bersangkutan, apa itu boleh?
A : Tentu saja tidak, kecuali kamu membuat fanfiksi dengan genre parodi. Bayangkan kamu menulis sebuah fanfiksi, lalu orang lain mengkopinya tanpa ijin dan hanya mengganti nama tokoh. Walaupun orang tersebut menyertakan disclaimer/credit, itu tidak sopan. Karena belum tentu kamu setuju dia berbuat begitu.

Jika kamu menulis novel dan orang lain mengkopinya menjadi fanfiksi dan mengganti nama tokohnya, kamu pasti rugi. Karena orang lebih memilih membaca fanfiksi yang gratis dibanding membeli karyamu. Orang yang mengkopi ceritanya juga akan rugi, karena tidak bertambah kreatif dan kemungkinan besar dapat dituduh plagiat (yang tentu saja mencemarkan nama baik).
---
Dari saya segini dulu. Silakan kalau ada yang mau mengoreksi atau menambahkan. Terima kasih.

Sumber : Fanfiction.net World

Tidak ada komentar:

Posting Komentar